BAG1 "CREATIVE INTELLIGENCE"



Creative Intelligence


Menurut buku “Creative Intelligence” yang pernah saya baca karya Alan J. Rowe, saya dapat menyimpulkan bahwa kreativitas yang dimiliki oleh tiap-tiap Individu itu berbeda satu dan yang lainnya. Setelah saya membaca buku itu sedikit demi sedikit saya mulai mengerti bahwa Kreativitas tidak dapat dipaksakan, kreativitas mungkin dapat dilatih tapi tidak untuk dipaksakan.  Ada Empat Tipe Kecerdasan Kreatif yaitu :
1.    Intuitif – Berfokus pada hasil dan mengandalkan pengalamana pada masa lampau sebagai penuntun dalam melakukan berbagai tindakan.
2.    Inovatif – Berkonsentrasi pada penyelesaian masalah, sistematis, dan mengandalkan data.
3.    Imajinatif – Mampu memvisualisasikan peluang , artistik, senang menulis, dan berfikir “diluar kotak”.
4.    Inspirasional – Berfokus pada perubahan sosial dan rela berkorban demi mencapai tujuannya tersebut.

Kreativitas dipandang sebagai refleksi dari Kecerdasan Kreatif kita. Pada gilirannya Kecerdasan Kreatif kita menjelaskan bagaimana kita melihat dan memahami dunia, kepercayaan dasar kita, dan kepribadian kita. Lalu apa itu Kecerdasan Kreatif?
Kecerdasan Kreatif berbeda dengan apa yang secara normal dianggap sebagai Kecerdasan Umum. Kreativitas berfokus pada cara berpikir dan hasrat kita untuk mencapai sesuatu yang baru atau berbeda.

          Kreativitas sangat penting dalam kehidupan kita, selagi dengan adanya perubahan dan perkembangan zaman yang begitu cepat. Kecerdasan memperbarui hal-hal yang jauh lebih baik sedang diperlombakan dengan pesat. Apabila kita tidak dapat mengiringi perubahan zaman ini dengan meningkatkan potensi pada diri kita maka kita akan jauh tertinggal.

          Mengidentifikasi Kecerdasan Kreatif seseorang memang tidak mudah. Ada beberapa orang yang menyatakan “bahwa kecerdasan didapatkan oleh orang-orang yang berpendidikan dan cerdas.” Pernyataan itu memang tidak salah, namun sekali lagi menurut buku yang pernah saya baca, Kecerdasan Kreatif tidak selalu dimiliki oleh mereka yang cerdas dalam segala hal. Setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

          Begitu banyak Ilmuwan yang mengembangkan Kreativitasnya menjadi sebuah penemuan atau karya ilmiah yang hingga sampai saat ini dapat kita rasakan manfaatnya. Ketika Thomas Edison berusaha menyelesaikan penemuan bola lampunya dengan pembangkit listrik untuk menghasilkan arus searah (DC). Dan sayangnya tak berapa lama proyek itu selesai, arus listrik bolak-balik ditemukan yang membuat arus searah sudah ketinggalan zaman dan Edison meninggal dalam keadaan bangkrut. Keadaan ini tidak bisa jika tidak dimasukkan kedalam Kecerdasan Kreatif yang dimiliki Thomas Edison. Edison juga mengajarkan kepada kita bahwa sesuatu yang menjadi obsesi dalam hidup harus diwujudkan, tak ada satupun yang membuat kita lebih baik selain berjuang walau pada akhirnya perjuang itu tidak selalu berakhir pada kebahagiaan semata tetapi kebahagiaan sesungguhnya adalah ketika kita siap menerima segala kemungkinan yang akan terjadi dalam hidup.

................................

Jadi, Siapakah Orang-orang yang Kreatif Itu?

Orang-orang Kreatif mencurahkan dirinya pada apa yang mereka kerjakan dan memiliki dorongan serta hasrat untuk membuat upayanya itu membuahkan hasil.

Sayangnya, banyak diantara kita yang sering menganggap orang-orang kreatif sebagai pemimpi dan pengkhayal. Contoh lain adalah Socrates menderita karena pemikirannya yang kritis dan komitmennya yang tak tergoyahkan dalam mengungkapkan kebenaran. Ketika divonis mati, dia memilih meminum racun dan mati dikelilingi teman-teman dan muridnya.
Kesimpulannya adalah “tak diragukan lagi bahwa masa depan bergantung pada mereka yang berani untuk bermimpi dan punya cukup keyakinan untuk membuatnya menjadi kenyataan, seperti Thomas Edison yang tidak pernah menyerah sampai dia menemukan jawaban untuk bola lampunya.”

Siapa selanjutnya yang akan menciptakan peralatan atau pendekatan baru yang akan mengubah kehidupan kita secara radikal?
Apakah itu seseorang seperti Thomas Edison dengan sistemnya yang praktis, dan penemuan-penemuannya seperti fonograf dan kamera film? Atau seseorang seperti Bob Dutcher dengan gagasannya yang tampak “konyol” menggunakan semprotan air untuk menembak gumpalan darah keluar dari arteri jantung yang tersumbat? Penemuannya itu Angiojet, mengeluarkan gumpalan darah pada detik-detik kritis yang sering merupakan perbatasan antara hidup dan mati.

Atau Bill Gates memulai dengan sebuah kontrak perangkat lunak kecil dan sebuah mimpi bahwa suatu saat nanti komputer akan ada ditiap-tiap rumah dan meja kantor. Beliau mengejar gagasannya ini dan berhasil pada penemuan baru yaitu “Microsoft Corporation”. Dengan idenya terjadi revolusi baru teknologi informasi dan seiring dengan itu dia menjadi salah seorang yang terkaya di dunia.

Nah teman, bagaimanakah menurut Anda tentang ini semua? Kreativitas dan Kecerdasan Kreatif? Bukankah setiap insan berhak memilikinya?
Para Ilmuwan diatas menggambarkan betapa mereka membutuhkan proses yang begitu panjang, bukan dalam hitungan hari, minggu, bulan tapi berpuluh-puluh tahun. Hanya untuk apa? Untuk mewujudkan apa yang ada pada potensi dirinya.

Anda tertarik? Jadilah seperti mereka yang berani menerima resiko. Persis seperti yang dikatakan guru terhebat yang pernah saya kenal Beliau mengatakan bahwa “perjuangan tak akan pernah lepas dari darah dan air mata..” tidak ada satupun dari Ilmuwan seperti Thomas Edison, Bill Gates, Bob Dutcher dan para ilmuwan lainnya yang tidak melalui proses itu.

Mari bangkitkan Potensi Inovasi dalam Diri dan Organisasi Anda, kenalilah, pelajarilah dan pahamilah bahwa Kreativitas sangatlah penting untuk menunjang kehidupan Anda dalam berorganisasi maupun bermasyarakat.

Akhir kata adala kata-kata akhir..

“menurut Churchill sebagaimana Charles Darwin, bahwa peluang untuk bertahan hidup lebih banyak dimiliki oleh mereka yang paling bisa menyesuaikan diri dengan keadaan.”

-Semoga Bermanfaat-
Terimakasih
                                                                                                Oleh : Syafira Amelia

Komentar

  1. mbak syarifaamelia saya tertarik dengan artikel anda...saya sedang mengerjakan skripsi tentang creative intelligencee tapi buku ini sudah tidak ada di penerbit dan toko buku ..... sudikah kiranya mbak syarifa membantu saya.... terima kasih sebelumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer